Thursday, November 9, 2017

Cara membuat halaman kontak di blogspot

cara membuat halaman kontak di bloggspot - sesuai judul di atas kita akan membahasnya di postingan kali ini . Halaman kontak (Contact from) ini membantu untuk mengirim pesan atau email ke pada pemilik blog , semua orang dapat mengirim pesan dengan memberi atau memasukan alamat Email yang Valid di halaman kontak (Contact Form) tapi ada masalah dengan Contact Form wiget ini , karena secara default Contact Form ini sebagai wiget yang hanya bisa menempati sidebar atau footer , namum tidak bisa di tempatkan di halaman statis. Sementara banyak website atau blog yang menggunakan halaman khusus untuk Contact form mereka.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu halaman kontak (contact form) bisa melihat halaman kontak blog ini . Halaman kontak Eric yuu

Banyak yang bertanya : "bagaimana cara menambahkan Contact form ke halaman (page statis) di blogger?". Karena itu kita membahasnya di postingan kali ini , bagaimana cara atau tehnik untuk menggunakan wiget Contact form di halaman statis. Jadi cara atau tehnik ini tidak membuat satu skema baru untuk membuat pengunjung bisa mengirim pesan ke pemilik website atau blog,namun dengan mengkonversi wiget Contact form ini yang sudah di sediakan blogger yang kita ubah ke halaman statis.

KEUNTUNGAN MEMASANG HALAMAN KONTAK.
Kalau belum punya halaman kontak (Contact form) sebaiknya di pasang,karena dengan memasang halaman kontak (Contact form) akan mendapatkan keuntungan.

1.Medekatkan diri ke pengunjung blog.
2.Bagi anda yang belum kerja maupun sudah kerja mungkin saja ada penawaran kerja yang menarik.Dengan kemampuan menulis atau membuat sebuat web,blog ataupun kemampuan lainnya yang di miliki ,dengan mudah akan mengubungi anda lewat Contact form yang anda buat.
3.Bagi anda yang berencana mengikuti ataupun mencari dollar bisa anda ikuti program google adsense,menurut beberapa info yang saya baca contact form adalah salah satu syarat buat daftar di google adsense dan lain-lain.

Baca juga artikel : cara membuat sitemap di blogspot.

    LANGKAH MEMASANG ATAU MEMBUAT HALAMAN KONTAK DI BLOGGER.
    • Memasang wiget Contact form.
    Bagi anda yang belum tahu , caranya buka tata letak => tambahkan gadget (sidebar) => klik gadget lainya => formulir kontak.kemudian pindahkan gadget ini ke tempat yang menurut anda tidak menggangu karena wiget ini tidak akan kita tampilkan.

    • Mengilangkan wiget Contact form.
    Agar wiget tidak ditampilkan bukan tidak di butuhkan , wiget ini akan di sembuyikan .Anda perlu memodifikasi atau mengedit sedikit di bagian tamplet atau tema blog anda.

    1.Buka tema => edit html (langsung di blog) .
    2.Cari wiget Contactform (ctrl+f).
    3.Nanti anda akan ketemu kode seperti ini <b:widget id="ContactForm1" locked="false" title=" Contact Form" type="ContactForm"></b:widget>.Anda bisa mengeklik 2 kali pada kode tersebut untuk membuka atau membentangkannya.Setelah menemukanya hapus kode semua kode di antara <b:includable id="main"> ........ </b:includable>.Atau lebih mudah lihat gambar berikut.
    picture : html contact form

      • Tambahkan atau buat halaman Contact form.
      Kalau sebelumnya sudah ada halam kontak tinggal anda edit saja kalau belum anda buat . Caranya buka halaman page => ubah mode compose ke mode html => copy paste kode berikut :
      <table><tbody>
      <tr><td>Nama</td> <td>
      <input class="contact-form-name" id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" size="60" type="text" value="" />
      </td></tr>
      <tr> <td>
      Email<span style="font-weight: bolder;"> *wajib diisi </span></td><td>
      <input class="contact-form-email" id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" size="60" type="text" value="" />
      </td></tr>
      <tr> <td>
      Pesan<span style="font-weight: bolder;"> *wajib diisi </span></td><td>
      <textarea class="contact-form-email-message" cols="60" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" rows="5"></textarea>
      </td></tr>
      <tr><td align="center" colspan="2">
      <input class="contact-form-button contact-form-button-submit" id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Send" />
      </td></tr>
      <tr><td align="center" colspan="2">
      <div style="max-width: 222px; text-align: center; width: 100%;">
      <div class="contact-form-error-message" id="ContactForm1_contact-form-error-message">
      </div>
      <div class="contact-form-success-message" id="ContactForm1_contact-form-success-message">
      </div>
      </div>
      </td></tr>
      </tbody></table>

      • SELESAI, Anda sudah memiliki halaman kontak atau contact form 
      Untuk memastikan halaman kontak bekerja dengan baik ,Anda mencoba mengirim email caranya isi formulirnya trus klik send , cek di email apakah masuk atau tidak.

      Demikian artiel kali ini "cara membuat halaman kontak di bloogspot". Bagaimana gampangkan?. Silakan tulis di kolom komentar kalau ada kritik dan saran anda . Semoga bermanfaat untuk kita semua.

      Load disqus comments

      2 komentar